WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Rabu, 02 November 2011

Meningkatkan sikap bijak guru dalam membentuk jati diri siswa


Jati diri merupakan kunci utama dalam kesuksesan seseorang, hal ini dapat dipacu dalam pendidikan formal. Pendidikan formal tidak lepas dari peran seorang guru. Seorang guru dalam membentuk jati diri siswanya diperlukan suatu sikap untuk mewujudkannya. Namun apakah sudah terealisasikan sikap bijak guru dalam pendidikan di Indonesia ini?  Lalu apa saja upaya dalam pembentukan sikap bijak ini?.

Meningkatkan sikap bijak guru,dalam tulisan ini dimaksudkan untuk mengubah cara mengajar guru yang cenderung monoton yaitu hanya memberikan bahan ajar saja tidak memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan diri menjadi cara mengajar yang bijak dalam membentuk jati diri siswa sehingga mereka mampu menentukan masa depan yang cerah.

Untuk meningkatkan sikap bijak guru terlebih dahulu harus dipahami factor factor yang berkaitan dengan sikap bijak itu. Sebelum sorang guru bersikap bijak yang harus dilakuakn adalah guru dpat memeahami psikologi perkmbangan anak . pemahaman terhadap psiklogi perkembngan ini memiliki kekuatan yang sangat besar dalam usaha mewujudkan keberhasilan proses pendidikan. Setiap perubahan yang terjadi dan setiap tingkahyang dilakuakan akan dengan mudah disikapi jika seorang guru memilki pemahaman yang benar terhadap psikologi perkembangan ini.

Pendidikan harus sesuai dengan perkembngan ini. Artinya, pengajarn terhadap siswa harus dilakukan pada tingkat yang tidak terlalu sulit dan terlalu menegangkan atau terlalu mudah dan menjemukan. Pendidikan bagi anak-anak TK harus berbeda dengan pendidikan bagi anak SD. Begitupun dengan pendidikan bagi anak SD, tentu harus berbeda dengan pendidikan bagi anak SMP, SMA, dan mahasiswa.

Disini yang perlu diperhatikan adalah perhatian guru tehadap perkembangan dan kecenderungan anak. Sebab, semaua anak memilki tingkat perkembangan yang berbeda, begitupun dengan kecenderunga atau potensi dan bakatnya. Penyikapan yang benar terhadap perbedaan ini akan membuat anak-anak didik nyaman dalam belajar karena merasa dihargai dan dihormati hak-hak dan kemampuanya.

 Namun demikian, walaupun meningkatkan sikap bijak guru dalam membentuk jati diri siswa bukan persoalan yang gampang dan sederhana, tetapi bukanlah berarti hal itu tidak mungkin dilakuakn. Dengan menyimak beberapa sikap yang harus dimiliki seorang guru di atas, berikut ini akan dicoba mengemukakan paradigma pembentukan sikap guru yang bijak terhadap pembentukan jati diri siswanya.

Kepada calon guru yang masih dididik di Lembaga Pendidikan  Tenaga Kependidikan (LPTK) disampaikan pentingnya sifat bijak seorang guru dalam membentuk jati diri siswa dan betapa nikmatnya bekerja dalam sikap bijak itu, hingga terbentuk sikap bijak tersebut. Demikian juga dengan guru-guru yang sedang bertugas. Dalam hal ini pendidikan calon guru dan pembinaan guru-guru dalam jabatan. Supaya dalam pembinaan sikap bijak guru dapat membudaya dalam dunia pendidian, maka yang diperlukan adalah pemberian penghargaan baik fisik maupun non fisik misalnya kenaikan pangkat yang lebih mudah sehingga seorang guru terpacu untuk menigkatkan sikap bijak dalam pembentukan jati diri para siswanya.


Anda sedang membaca artikel tentang Meningkatkan sikap bijak guru dalam membentuk jati diri siswa dan anda bisa menemukan artikel Meningkatkan sikap bijak guru dalam membentuk jati diri siswa ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2011/11/22-meningkatkan-sikap-bijak-guru-dalam.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Meningkatkan sikap bijak guru dalam membentuk jati diri siswa ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Meningkatkan sikap bijak guru dalam membentuk jati diri siswa sumbernya.

Related Post



0 komentar: