WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Rabu, 02 November 2011

Alat Peraga Papan Penjumlahan (PANJUL)


Masih banyak siswa menganggap bahwa Matematika itu sulit. Guru menjelaskan materi dengan metode ceramah dan soal rutin sangat tidak begitu efektif bagi siswa. Kemampuan dasar matematika terutama penjumlahan sangat diperlukan untuk mempelajari matematika tingkat lanjut. Untuk menarik minat siswa agar menyukai pelajaran Matematika kita perlu alat bantu berupa alat peraga. Alat peraga tersebut diharapakan dapat mengasah kecepatan dan ketepatan dalam menghitung agar siswa dapat mengerjakan soal olimpiade MM pada tingkat international. Oleh karena itu, kita membuat alat peraga tersebut untuk memfasilitasi pembelajaran matematika, khususnya penjumlahan.
gambar panjul
v  Cara Bermain
1.      Permainan dapat dilakukan 2 sampai 3 orang (tetapi sebaiknya dimainkan 3 orang lebih baik dan sangat dianjurkan)
2.      Pemain mengundi terlebih dahulu dengan melemparkan dadu untuk menentukan siapa yang akan bermain terlebih dulu, pemain yang mendapatkan dadunya keluar paling besar berhak untuk memainkan permainan terlebih dahulu.
3.  Setiap pemain meletakkan hanya 1 biji pemain kemudi/sopir di salah satu kotak (disembarang kotak angka 1 sampai 9 yang nantinya difungsikan sebagai kemudi/penjumlah dalam permainan) saat bermain.

4
4.  Pemain pertama  menjumlahkan angka pada kotak yang ditempati lawan yang akan bermain berikutnya dengan angka kemudi miliknya (pemain dapat mengatur pemain kemudinya secara bebas sebelum menjumlahkan agar hasilnya seperti yang ia inginkan). Hasil penjumlahannya dijadikan tempat meletakkan jarum warna pemain pada papan penjumlahan.
5. Pemain kedua dan ketiga selanjutnya melakukan cara yang sama seperti pemain pertama secara berurutan/bergantian. Pada putaran kedua dan selanjutnya pemain dapat mengatur strategi untuk menghasilkan garis lurus dengan memindahkan kemudinya (dari angka sebelumnya pada kotak yang ditempatinya) pada kotak angka yang lain agar didapatkan hasil penjumlahan yang nantinya membentuk garis lurus/diagonal (syaratnya membentuk 3 sarang ditempati jarum warna miliknya secara berurutan)
  7. Apabila pemain berhasil menempati 3 sarang secara berurutan yang membentuk garis lurus(bisa vertikal,horizontal atau diagonal) maka ia diberikan 2 pilihan yaitu
·         pertama
Ia berhak mengambil 1 jarum warna pemain lawan yang berada di dalam papan penjumlahan sebagai tawanan miliknya.
·         Kedua
Ia tidak mengambil jarum warna pemain lawan akan tetapi membebaskan/menyelamatkan jarum warna pemain miliknya yang ditawan oleh lawan.
8.      Apabila jarum warna yang dimainkan telah habis, pemain dapat memindahkan jarum warna pada papan permainan agar dapat membentuk garis lurus/diagonal. Pemain dapat membentuk strategi menghalangi pemain lawan agar tidak berhasil membuat garis lurus sehingga permainan lebih seru.
Permainan sebaiknya dibatasi waktunya dan diakhir permainan dihitung jumlah tawanannya.

Ø  Syarat Menjadi Pemenang
Pemain yang mendapatkan tawanan terbanyak akan dianggap pemenang dalam permaian.
Ø  Variasi permainan
Pemain dapat menggunakan dadu sebagai ganti kotak angka lawan. Artinya jika pemain tidak ingin menjumlahkan kemudinya dengan angka pada kotak lawan ia dapat menjumlahkan angka kemudinya dengan angka yang keluar pada dadu
Ø  Tipe –tipe Permainan :
1.      Tahap pengenalan
            pemain yang dapat menempatkan 3 jarum warna berurutan dan tercepat dinyatakan sebagi pemenang dan permainan dilakukan ulang dari awal.
2.      Tahap latih kecepatan dan ketelitian
            pemain yang dapat menempatkan 4 jarum warna berurutan mendapat point menang 1x  dengan bonus tawanan 1 jarum warna lawan dan permainan dilanjutkan hingga waktu yang ditentukan telah habis.       


Anda sedang membaca artikel tentang Alat Peraga Papan Penjumlahan (PANJUL) dan anda bisa menemukan artikel Alat Peraga Papan Penjumlahan (PANJUL) ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2011/11/alat-peraga-papan-penjumlahan-panjul.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Alat Peraga Papan Penjumlahan (PANJUL) ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Alat Peraga Papan Penjumlahan (PANJUL) sumbernya.

Related Post



2 komentar:

Abdullah Makhrus mengatakan...

sayangnya isi/konten tentang PANJUL ini merupakan hasil plagiasi atau copy dari karya saya.
saya melihat website Mas Lubis Muzakki di http://zakylubismy.blogspot.com/2011/11/alat-peraga-papan-penjumlahan-panjul.html yang Mas Libis Zaki publikasikan pada tanggalWednesday, November 2, 2011. saya melihat Mas Lubis Muzaki telah mengambil karya saya. dan Mas Lubis Muzakki tidak menyertakan sumbernya jika itu berasal dari saya yang sudah saya muat lebih awal di web http://belajarmatematikaonline.wordpress.com/?s=papan+penjumlahan yang telah saya publikasikan pada March 22, 2010 .

lubis muzaki mengatakan...

maaf, bagian mana yang sy ambil dari blognya panjenengan?. artikel ini menjelaskan cara bermain alat peraga papan penjumlahan.....