WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Minggu, 11 Desember 2011

Pembagian Sabar


KEUTAMAAN SABAR DAN CIRI-CIRI ORANG SABAR

Bagi seorang muslim, kesabaran itu mencakup segala dimensi kehidupan. Para ulama’ membagi sabar menjadi tiga hal, yaitu sabar ketika menhadapi musibah/cobaan, sabar ketika melaksanakan perintah dan sabar meninggalkan larangan.
Sabar dalam menghadapi musibah definisinya adalah apapun yang terjadi itu semua atas kehendak Allah, orang-orang yang sabar akan ikhlas menerima musibah/cobaan yang diterimanya dan mengembalikan semuanya kepada Allah.
“dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, yaitu orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan “innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun” (QS: Al-baqarah: 155-156).
Sabar dalam menjalankan perintah Allah artinya ketika menjalankan perintah allah kesabaran harus tetap dikedepankan. Dalam konteks shalat Allah SWT berfirman:
“dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rizki kepadamu, kamilah yang member rizki kepadamu. Dan akibat (hal yang baik) adalah bagi orang-orang yang bertaqwa” (QS: thaha,132).
Seseorang yang tidak sabar tidak akan mampu melaksanakan shalat dengan baik dan benar, apalagi untuk khusyu’ dan thuma’ninah di dalam shalatnya. Dalam meninggalkan larangan Allah juga membutuhkan kesabaran. Dengan bekal kesabaran, seseorang tidak akan melakukan sesuatu yang dimurkai oleh Allah, orang-orang yang sabar akan mengekang dirinya untuk tidak mejalankan larangan-larangan allah. Kan tahu sendiri kebanyakan yang dilarang oleh allah itu hal yang asyik-asyik…. Seperti lagunya Bang Haji roma irama itu lhooo J.. CMIWW…

Anda sedang membaca artikel tentang Pembagian Sabar dan anda bisa menemukan artikel Pembagian Sabar ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2011/12/pembagian-sabar.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pembagian Sabar ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pembagian Sabar sumbernya.

Related Post



0 komentar: