WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Rabu, 18 Januari 2012

Rasa Cemburu Harus Dimiliki Oleh Setiap Manusia


source image: ciomasonline.com
Sifat cemburu atau Al-Ghirah dalam bahasa arabnya merupakan fitrah dasar manusia. Sifat cemburu ini bersemi dalam hati. Cemburu akan menimbulkan dua kemungkinan yang akan terjadi; yang pertama adalah cemburu akan membawa manusia ke arah jalan yang dimurkai oleh Allah, cemburu yang satu ini bisa mengakibatkan kebencian dan permusuhan di dalam hati manusia. Sedangkan sifat cemburu yang satunya lagi akan membawa manusia ke jalan yang diridloi oleh Allah.


Sangking pentingnya rasa cemburu, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah pernah berkata demikian, “Jika cemburu hilang dari hati , maka cintapun hilang pula, bahkan agama hilang darinya. Apabila rasa cemburu itu tidak bersemayam di dalam hati seseorang, maka ia tidak akan mau berjihad dan melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar”.
Oleh karenanya penting sekali menjaga rasa cemburu agar tetap dalam keadaan cemburu yang positif. Karena pada hakikatnya rasa cemburu adalah bersih dan suci. Lalu bagaimana caranya untuk memelihara kecemburuan yang positif?. Simak secara seksama dibawah ini ya…….
1.      Cemburu harus dibingkai dalam iman dan taqwa. Hal inilah yang dapat memelihara rasa cemburu dari godaan setan.
2.      Rasa cemburu dapat dikontrol dengan baik melalui sabar.
3.      Qona’ah (menerima apa adanya) atau dalam artian puas atas pemberian yang Allah berikan.
4.      Husnudhon (selalu berbaik sangka). Sifat prasangka buruk yang ditimbulkan oleh rasa cemburu akan menimbulkan rasa was-was dan menimbulkan prasangka buruk. Padahal setiap muslim diperintahkan untuk selalu berprasangka yang baik.
Rasa cemburu atau ghiroh yang harus kita dapatkan adalah cemburu yang terpuji. Cemburu yang terpuji adalah cemburu yang diletakkan pada tempat yang semestinya dan diaplikasikan sesuai dengan porsi sewajarnya. Dengannya sebuah rumahtangga bisa bertambah rekat. Namun, tak jarang justru ia menjadi awal sebuah kehancuran hidup seseorang. Oleh karenya, Seorang suami harus memiliki rasa cemburu kepada istrinya, begitupun juga seorang istri harus     memiliki rasa cemburu kepasa suaminya namun masih dalam keadaan yang sewajarnya. Jika pasangan suami istri tidak mempunyai rasa cemburu antara yang satu dengan yang lainnya maka dapat dipastikan hancurlah rumah tangganya.

Anda sedang membaca artikel tentang Rasa Cemburu Harus Dimiliki Oleh Setiap Manusia dan anda bisa menemukan artikel Rasa Cemburu Harus Dimiliki Oleh Setiap Manusia ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2012/01/rasa-cemburu-harus-dimiliki-oleh-setiap.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Rasa Cemburu Harus Dimiliki Oleh Setiap Manusia ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Rasa Cemburu Harus Dimiliki Oleh Setiap Manusia sumbernya.

Related Post



0 komentar: