WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Senin, 30 Juli 2012

Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Strategi PQ4R dengan Teori Belajar Gagne


Pada zaman modern sekarang ini, masalah pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting. Dunia pendidikan dituntut untuk lebih berkualitas menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat bersaing di zaman yang penuh dengan persaingan ini yaitu lulusan yang tidak hanya berkualitas dalam ilmu pengetahuan tetapi juga berkualitas dalam keterampilan. Kedua aspek tersebut sangat penting dimiliki oleh setiap lulusan agar dapat bertahan di zaman yang penuh dengan persaingan ini.
Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan sudah banyak dilakukan diantaranya, diadakan pembaharuan dalam pendidikan termasuk pendidikan matematika yaitu salah satunya adalah memperbaiki sistem pembelajaran, yang dahulu pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered instruction) atau didasarkan pada bagaimana guru mengajar, dan siswa hanya menerima apa yang diberikan oleh guru sehingga menjadikan siswa kurang aktif. Pada saat ini dikembangkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student centre- instruction) atau pembelajaran yang didasarkan pada bagaimana siswa belajar. Dalam pembelajaran ini siswalah yang aktif dalam menggali informasi sehingga siswa tidak hanya mendengarkan dan menerima pelajaran yang diberikan oleh guru.
Matematika merupakan salah satu ilmu eksak yang mempelajari tentang sesuatu yang bersifat abstrak. Hal ini juga dikemukakan oleh  Joni (1984:9) bahwa matematika adalah suatu cabang ilmu yang obyeknya bersifat abstrak karena obyeknya itu hanya merupakan hasil ciptaan akal manusia belaka, dan sebaliknya bukan merupakan kenyataan empiris. Meskipun obyek matematika bersifat abstrak tetapi matematika memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu dan teknologi (IPTEK). Matematika dapat bermanfaat sebagai alat bantu penerapan bidang ilmu lain maupun dalam pengembangan matematika itu sendiri. Hal ini dipertegas oleh Hudoyo (dalam Ajeng, 1990:62) bahwa matematika bukanlah ilmu yang hanya diperlukan untuk dirinya sendiri, tetapi ilmu yang bermanfaat untuk sebagian besar ilmu-ilmu lain terutama sains dan teknologi.
Jika kita melihat di lapangan, banyak sekali siswa yang tidak menyukai mata pelajaran matematika, karena siswa selalu menganggap bahwa mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik. Padahal matematika sangat penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), oleh karena itu telah banyak usaha yang dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran matematika yang salah satunya adalah pembaharuan belajar mengajar di kelas atau dengan mengembangkan strategi-strategi belajar agar siswa tidak merasa bahwa matematika itu sulit.
Pada suatu pembelajaran, sebagian besar materi yang akan diajarkan berhubungan atau kelanjutan dari materi sebelumnya dan siswa hanya diberikan rumus-rumus sehingga siswa kurang memahami konsep dari materi yang diajarkan serta siswa menjadi kurang aktif karena hanya menerima apa yang diberikan oleh guru. Materi kubus dan balok berhubungan dengan materi sebelumnya yaitu materi segiempat khususnya persegi dan persegi panjang serta membutuhkan strategi untuk memahami konsep kubus dan balok, maka akan digunakan strategi PQ4R dengan teori belajar Gagne.
Strategi PQ4R dengan teori belajar Gagne adalah gabungan dari strategi belajar dan teori belajar yang dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat mata pelajaran atau materi yang dipelajari dengan stimulus yang diberikan guru dan respon oleh siswa. Strategi belajar dan teori belajar ini saling melengkapi satu sama lain dalam proses pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang diberikan.

Anda sedang membaca artikel tentang Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Strategi PQ4R dengan Teori Belajar Gagne dan anda bisa menemukan artikel Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Strategi PQ4R dengan Teori Belajar Gagne ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2012/07/peningkatan-hasil-belajar-dan-aktivitas.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Strategi PQ4R dengan Teori Belajar Gagne ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Melalui Strategi PQ4R dengan Teori Belajar Gagne sumbernya.

Related Post



1 komentar:

Mahfudcs mengatakan...

Wah, lanjutannya ini mana bang?