WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Kamis, 20 September 2012

Pengembangan keprofesian Guru dengan Ujian Kompetensi Guru


UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mengamanatkan bahwa profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan standar kompetensi sesuai bidang tugasnya dan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan sepanjang hayat. Kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai, dan diaktualisasikan oleh guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Dari sisi hak, dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya. Dari sisi kewajiban, guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Uji Kompetensi Guru (UKG) bertujuan untuk pemetaan kompetensi, sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (continuing professional development) serta sebagai bagian dari proses penilaian kinerja untuk mendapatkan gambaran yang utuh terhadap pelaksanaan semua standar kompetensi.
oleh: Syawal Gultom (KEPALA BPSDMPK)

Anda sedang membaca artikel tentang Pengembangan keprofesian Guru dengan Ujian Kompetensi Guru dan anda bisa menemukan artikel Pengembangan keprofesian Guru dengan Ujian Kompetensi Guru ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2012/09/pengembangan-keprofesian-guru-dengan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pengembangan keprofesian Guru dengan Ujian Kompetensi Guru ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pengembangan keprofesian Guru dengan Ujian Kompetensi Guru sumbernya.

Related Post



0 komentar: