WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Jumat, 18 November 2011

Penyelesaian Soal Deret Aritmatika SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis



Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan pesat sangat berpengaruh terhadap pendidikan. kecanggihan teknologi mengakibatkan aktifitas hidup manusia dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis. manusia cenderung menyukai segala sesuatu yang serba instant. hal ini mempengaruhi manusia untuk selalu berpikir cepat dan praktis dalam segala hal termasuk dalam pendidikan.
Dalam pembelajaran di sekolah, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit dipahami oleh siswa. Banyak siswa yang beranggapan bahwa mata pelajaran matematika itu merupakan momok ataupun mata pelajaran yang menakutkan.
Oleh karen itu Salah satu solusi untuk memecahkan permasalahan matematika yang dianggap sulit oleh para siswa, yaitu dengan menggunakan trik matematika. Banyak materi – materi matematika yang dapat kita selesaikan permasalahannya dengan menggunakan trik, namun tidak semua materi matematika dapat diselesaikan dengan menggunakan trik matematika. Oleh karena itu dalam makalah ini akan dibahas tentang Penyelesaian Soal Deret Aritmatika SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis”. Penulis merasa bahwa proses penyelesaian dengan metode cara biasa memerlukan waktu yang cukup panjang dibandingkan ketika menggunakan trik matematika.
 
Keterangan:
Un=suku ke-n
Sn=jumlah n suku pertama
a=suku pertama
b=beda
n=banyaknya suku
Contoh soal
Diberikan soal sebagai berikut:
1.      Jumlah n suku pertama deret arimatika dinyatakan oleh 2-5n, suku kesembilan deret tersebut adalah…………
penyelesaian:

Related Post



0 komentar: