WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Rabu, 02 November 2011

Definisi seorang guru yang bijak


Seorang guru yang bijak mampu berhubungan dengan iklim belajar di kelas.  Termasuk dalam komponen ini adalah kemampuan interpersonal guru khususnya kemampuan untuk menunjukkan empati, penghargaan kepada siswa dan ketulusan, memiliki hubungan yang baik dengan siswa, dan mampu menerima, mengakui, dan memperhatikan siswa secara tulus.

Guru yang bijak memiliki kemampuan yang terkait dengan pemberian umpan balik (feed back) dan penguatan (reinforcement), meliputi kemampuan memberikan umpan balik yang positif terhadap respon siswa; mampu memberikan respon yang bersifat membantu bagi siswa yang lamban belajar; mampu memberikan tindak lanjut terhadap jawaban siswa yang kurang memuaskan.

Guru yang bijak memiliki kemampuan yang berhubungan dengan peningkatan diri, meliputi mampu menerapkan kurikulum dan metode pembelajaran secara inovatif; mampu menambah dan memperluas pengetahuan, baik yang bersifat umum maupun pengetahuan mengenai metode-metode pembelajaran; dan mampu memanfaatkan perencanaan guru secara kelompok untuk menciptakan dan mengembangkan metode pembelajaran yang relevan.

. Karena mengajar adalah hal yang kompleks dan perkembangan peserta didik itu bervariasai, maka tidak ada cara tunggal untuk mengajar yang efektif dalam semua hal (daiz:1997 dalam buku psikologi pendidikan karya john W. santrock). Guru harus menguasai beragam perspektif dan strategi, dan harus bisa mengaplikasikannya secara fleksibel. Hal ini membutuhkan dua hal utama yaitu (1) pengetahuan dan keahlian professional, (2) komitmen dan motivasi.

Pengetahuan dan keahlian profesinal. Guru yang bijak menguasai materi pelajaran dan keterampilan mengajar yang baik. Guru yang bijak memiliki strategi pengajaran yang baik  dan didukung metode penetapan tujuan, rencana pengajaran, dan manajemen kelas. Mereka tahu bagimana memotivasi, berkomunikasi, dan berhubungan secara efektif dengan siswa dari berbagai latar belakang kultural.

Kemudian guru yang bijak memiliki keahlian motivasional. Guru yan baik dan motivatif punya strategi yang baik untuk memotivasi murid agar mau belajar. Guru yang bijak tahu bahwa murid akan termotivasi saat mereka bisa memilih sesuatu yang sesuai dengn minatnya sehingga siswa mampu menentukan kearah mana mereka akan mengaktulisakaikan diri sesuai jati dirinya. Guru yang bijak akan memberi kesmpatan murid untuk berpikir kreatif dan mendalam untuk proyek mereka sendiri.


Anda sedang membaca artikel tentang Definisi seorang guru yang bijak dan anda bisa menemukan artikel Definisi seorang guru yang bijak ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2011/11/definisi-seorang-guru-yang-bijak.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Definisi seorang guru yang bijak ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Definisi seorang guru yang bijak sumbernya.

Related Post



0 komentar: