WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Kamis, 03 November 2011

Penyelesaian Soal Kesebangunan SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju dan pesat sangat berpengaruh terhadap pendidikan. kecanggihan teknologi mengakibatkan aktifitas hidup manusia dapat dilakukan dengan mudah, cepat dan praktis. manusia cenderung menyukai segala sesuatu yang serba instant. hal ini mempengaruhi manusia untuk selalu berpikir cepat dan praktis dalam segala hal termasuk dalam pendidikan.
Dalam pembelajaran di sekolah, matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit dipahami oleh siswa. oleh karen itu dalam proses pembelajaran matematika diperlukan suatu metode mengajar yang bervariasi. artinya dalam penggunaan metode mengajar tidak harus sama untuk semua poko bahasan, sebab dapat terjadi bahwa suatu metode mengajar tertentu cocok untuk satu pokok bahasan tetapi tidak untuk pokok bahasan yang lain.
Tujuan
Pengembangan pembelajaran matematika terkait dengan strategi, pendekatan, model ataupun  metode pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Makalah dengan judul “Penyelesaian Soal Kesebangunan SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis” ini bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat para siswa SMP/MTs/sederajat dalam menyelesaikan soal matematika ketika menghadapi Ujian Akhir Nasional (UNAS).
Tinjaun Pustaka
Dua bangun datar dikatakan sebangun jika sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding.
diperlihatkan tiga bangun persegi panjang yang masing-masing berukuran 36 mm 􀂾 24 mm, 180 mm, 120 mm, dan 58 mm  38 mm.

Perbandingan antara panjang persegipanjang ABCD dan panjang persegipanjang A'B'C'D' adalah 36 : 180 atau 1 : 5. Demikian pula dengan lebarnya, perbandingannya 24 : 120 atau 1 : 5. Dengan demikian, sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua persegipanjang itu memiliki perbandingan senilai (sebanding). Perbandingan sisi yang bersesuaian dari kedua persegipanjang tersebut, yaitu sebagai berikut.
Oleh karena semua sudut persegipanjang besarnya 90° (siku-siku) maka sudut-sudut yang bersesuaian dari kedua persegipanjang itu besarnya sama. Dalam hal ini,
persegipanjang ABCD dan persegipanjang A'B'C'D' memiliki sisi-sisi bersesuaian yang sebanding dan sudut-sudut bersesuaian yang sama besar. Selanjutnya, kedua persegipanjang tersebut dikatakan sebangun. Jadi, persegipanjang ABCD sebangun
dengan persegipanjang A'B'C'D'.
Pembahasan
Soal:
Dari gambar berikut ini, PQ // AB. Panjang PQ adalah
Penyelesaian cara biasa
PQ =  (APXDC)+(DPXAB)/AD
=(9X15)+(4X28)/13
=135+112/13
=247/13
= 19 cm
Perhatikan bangun datar yang baru !

PQ= PT+15
DP/AD=PT/AM
4/13=PT/13
PT= 4 cm
Jadi PQ= 4+15=19

Anda sedang membaca artikel tentang Penyelesaian Soal Kesebangunan SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis dan anda bisa menemukan artikel Penyelesaian Soal Kesebangunan SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2011/11/penyelesaian-soal-kesebangunan-smp.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Penyelesaian Soal Kesebangunan SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Penyelesaian Soal Kesebangunan SMP dengan Menggunakan Rumus Praktis sumbernya.

Related Post



3 komentar:

beritagoogle.com mengatakan...

wihh pusing nih gan dah lama ga ngulang pelajaran matematika...
mungkin saya ga ada bakat di matematika nih T_T

gajah_pesing mengatakan...

kayaknya, saia sudah banyak lupa dengan rumus-rumus itu? :D

icha,Fanda,gabyy (ifc) mengatakan...

PUSING ,
Ontak mau pecah nih kayaknya