WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Selasa, 10 Januari 2012

Mengapa menghormati guru itu diperlukan?


Dewasa ini saya seringkali melihat banyak siswa tidak menghormati gurunya. Oleh karenanya muncul ide, saya ingin memposting mengenai Mengapa menhormati guru itu diperlukan?. Lalu siswa yang hormat kepada guru itu siapa sih?. Siswa yang hormat kepada gurunya yaitu siswa yang selalu berusaha untuk tidak pernah menyakiti hati gurunya.
Kalau begitu apakah siswa yang tidak pandai, mendapatkan nilai jelek waktu ujian itu apakah dikatakan siswa yang tidak hormat kepada gurunya? Kan bisa saja si guru merasa sakit hatinya karena si murid tidak bisa mendapatkan nilai yang bagus. Oo tentu saja tidak, karena mendapatkan nilai dikala ujian itu bukan ranah afektif, akan tetapi masuk dalam ranah kognetif.
Nabi Muhammad SAW Bersabda:
Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya Malaikat akan meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air. Sesungguhnya keutamaan orang ‘alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan atas seluruh bintang. Sesungguhnya para ulama itu pewaris para Nabi. Dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar tidak juga dirham, yang mereka wariskan hanyalah ilmu. Dan barangsiapa yang mengambil ilmu itu, maka sungguh, ia telah mendapatkan bagian yang paling banyak”.
Hadits shahih: Diriwayatkan oleh Ahmad (V/196), Abu Dawud (no. 3641), at-Tirmidzi (no. 2682), Ibnu Majah (no. 223), dan Ibnu Hibban (no. 80 al-Mawaarid), lafazh ini milik Ahmad, dari Shahabat Abu Darda’ radhiyallaahu ‘anhu.
source image: kaunselingskbs09.blogspot.com

Secara logika malaikat saja menghormati orang yang sedang menuntut ilmu, pasti orang yang mengajarkan ilmu lebih dihormati oleh malaikat. Kita sebagai orang yang dikasih ilmu melalui perantara guru tidak boleh tidak untuk menghormati guru. Jadi bukan hal yang aneh jika seorang siswa mencium tangan gurunya sebagai tanda hormat dan sayangnya kepada seorang guru. Seseorang yang menghormati gurunya insya allah ilmunya akan bermanfaat dan barakah. Aamiin. J

Anda sedang membaca artikel tentang Mengapa menghormati guru itu diperlukan? dan anda bisa menemukan artikel Mengapa menghormati guru itu diperlukan? ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2012/01/mengapa-menghormati-guru-itu-diperlukan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Mengapa menghormati guru itu diperlukan? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengapa menghormati guru itu diperlukan? sumbernya.

Related Post



1 komentar:

Anas mengatakan...

Amiin, semoga ilmu yang diajarkan bapak/ibu guru kita barokah,, dan kita dapat mengarungi hidup dengan ilmu itu..