WELCOME TO THIS BLOG!!. PLEASE ENJOY THE MENU HAS BEEN PROVIDED

Selasa, 06 November 2012

ANALISIS STANDAR ISI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH


Analisis Kurikulum Matematika Sekolah
Mohammad Mukhlisin
Pendidikan Matematika UAD


Dalam bab ini kita akan mempelajari tentang cara menganalisis KD dalam hubungannya dengan tujuan mata pelajaran matematika. Kegiatan analisis ini dilakukan mengawali pembuatan silabus dan RPP sebagai persiapan pembelajaran. Analisis dilakukan dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan mata pelajaran pada pelaksanaan pembelajaran.
Setelah mempelajari bab ini Anda diharapkan mampu menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada SI dalam hubungannya dengan tujuan mata pelajaran matematika. Untuk membantu Anda agar menguasai kemampuan tersebut, dalam bab ini disajikan pembahasan yang dikemas dalam satu kegiatan belajar dan diikuti latihan.
Kegiatan Belajar Seperti telah diuraikan pada bagian pendahuluan bahwa tujuan mata pelajaran matematika pada intinya adalah agar siswa mampu: (1) memahami konsep matematika, (2) melakukan penalaran, (3) memecahkan masalah, (4) melakukan komunikasi secara matematis, dan (5) memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Agar tujuan itu dapat dicapai optimal maka perlu adanya analisis yang hasilnya dapat memandu pengelola pembelajaran matematika dalam memfokuskan pencapaian masing-masing tujuan.
Untuk memahami cara melakukan analisis KD pada SI maka simaklah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Pembahasan pada bab ini berpijak pada pertanyaan-pertanyaan berikut. Berdiskusilah dengan peserta lain untuk membahas pertanyaan dan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.      Ada berapa KD pada masing-masing kelas di SMA?
2.      Pada kenyataannnya, SI telah menguraikan dengan jelas SK dan KD mana saja yang secara eksplisit menuntut kemampuan memecahkan masalah. SK dan KD manakah itu?
1.      Tidak semua SK memuat KD yang menuntut kemampuan pemecahan masalah. Dalam hal ini dapatkah pembelajaran KD-KD yang secara eksplisit tidak menuntut kemampuan pemecahan masalah didalamnya ada kegiatan pemecahan masalah?
2.      Pada SK dan KD manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu memahami konsep matematika? Apakah pada semua SK dan KD?
3.      Pada SK dan KD manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu melakukan penalaran? Apakah pada semua SK dan KD?
4.      Pada SK dan KD manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu melakukan komunikasi secara matematis? Apakah pada semua SK dan KD?
5.      Pada SK dan KD manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan?


Anda sedang membaca artikel tentang ANALISIS STANDAR ISI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH dan anda bisa menemukan artikel ANALISIS STANDAR ISI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH ini dengan url http://zakylubismy.blogspot.com/2012/11/analisis-standar-isi-mata-pelajaran.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ANALISIS STANDAR ISI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link ANALISIS STANDAR ISI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH sumbernya.

Related Post



0 komentar: