Dalam bab ini
kita akan mempelajari tentang cara menganalisis KD dalam hubungannya dengan
tujuan mata pelajaran matematika. Kegiatan analisis ini dilakukan mengawali
pembuatan silabus dan RPP sebagai persiapan pembelajaran. Analisis dilakukan
dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tujuan mata pelajaran pada pelaksanaan
pembelajaran.
Setelah
mempelajari bab ini Anda diharapkan mampu menganalisis Standar Kompetensi (SK)
dan Kompetensi Dasar (KD) pada SI dalam hubungannya dengan tujuan mata
pelajaran matematika. Untuk membantu Anda agar menguasai kemampuan tersebut,
dalam bab ini disajikan pembahasan yang dikemas dalam satu kegiatan belajar dan
diikuti latihan.
Kegiatan Belajar
Seperti telah diuraikan pada bagian pendahuluan bahwa tujuan mata pelajaran matematika
pada intinya adalah agar siswa mampu: (1) memahami konsep matematika, (2)
melakukan penalaran, (3) memecahkan masalah, (4) melakukan komunikasi secara
matematis, dan (5) memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam
kehidupan. Agar tujuan itu dapat dicapai optimal maka perlu adanya analisis
yang hasilnya dapat memandu pengelola pembelajaran matematika dalam memfokuskan
pencapaian masing-masing tujuan.
Untuk memahami
cara melakukan analisis KD pada SI maka simaklah pertanyaan-pertanyaan berikut
ini. Pembahasan pada bab ini berpijak pada pertanyaan-pertanyaan berikut.
Berdiskusilah dengan peserta lain untuk membahas pertanyaan dan jawaban
pertanyaan-pertanyaan berikut.
1.
Ada berapa KD
pada masing-masing kelas di SMA?
2.
Pada
kenyataannnya, SI telah menguraikan dengan jelas SK dan KD mana saja yang
secara eksplisit menuntut kemampuan memecahkan masalah. SK dan KD manakah itu?
1.
Tidak semua SK
memuat KD yang menuntut kemampuan pemecahan masalah. Dalam hal ini dapatkah
pembelajaran KD-KD yang secara eksplisit tidak menuntut kemampuan pemecahan
masalah didalamnya ada kegiatan pemecahan masalah?
2.
Pada SK dan KD
manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu memahami konsep
matematika? Apakah pada semua SK dan KD?
3.
Pada SK dan KD
manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu melakukan
penalaran? Apakah pada semua SK dan KD?
4.
Pada SK dan KD
manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu melakukan
komunikasi secara matematis? Apakah pada semua SK dan KD?
5.
Pada SK dan KD
manakah perlu difokuskan pencapaian tujuan terkait siswa mampu memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan?
0 komentar:
Posting Komentar