Tes
merupakan salah satu bentuk instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil
belajar siswa. Kualitas hasil pengukuran sangat ditentukan oleh kualitas alat
ukur (tes) yang digunakan. Karena itu, guru perlu menaruh perhatian besar dalam
membuat tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Beberapa jenis
penilaian tes yaitu :
Tes Lisan
Tes lisan adalah tes yang menuntut
jawaban dari peserta didik dalam bentuk lisan. Tes lisan dapat berbentuk
seperti berikut:
1.
Seorang guru menilai seorang peserta
didik.
2.
Seorang guru menilai sekelompok peserta
didik.
3.
Sekelompok guru menilai seorang peserta
didik.
4.
Sekelompok guru menilai sekelompok
peserta didik.
Kebaikan tes lisan antara lain (a) dapat
mengetahui langsung kemampuan peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya
secara lisan, (b) tidak perlu menyusun soal-soal secara terurai, tetapi cukup
mencatat pokok-pokok permasalahannya saja, (c) kemungkinan peserta didik akan
menerka-nerka jawaban dan berspekulasi dapat dihindari. Kelemahannya adalah (a)
memakan waktu yang cukup banyak, apalagi jika jumlah peserta didiknya banyak, (b)
sering muncul unsure subjektivitas bilaman dalam suasana ujian lisan itu hanya
ada seorang guru dan seorang peserta didik. Beberapa petunjuk praktis dalam
pelaksanaan tes lisan adalah sebagai berikut:
1. Jangan
terpengaruh faktor subjektivitas.
2. Berikanlah
skor bagi setiap jawaban yang dikemukakan oleh peserta didik.
3. Catatlah
hal-hal atau masalah yang akan ditanyakan dan ruang lingkup jawaban yang
diminta untuk setiap pertanyaan.
4. Ciptakan
suasana ujian yang menyenangkan.
5. Jangan
mengubah suasana ujian lisan menjadi suasana diskusi atau suasana ngobrol
santai atau juga menjadi suasana pembelajaran.
Contoh :
Kompetensi Dasar : Mengenal segitiga, segiempat, dan
lingkaran (Kelas I)
Indikator pencapaian kompetensi :
1.
Menyebutkan nama bangun datar (segitiga,
segiempat, lingkaran) yang modelnya ditunjukkan, dan
2.
Memberi alasan mengapa bangun yang
ditunjukkan bukan bangun segitiga, segiempat atau lingkaran.
Pertanyaan :
Perhatikan benda yang Ibu pegang.
Benda ini berbentuk lingkaran.
1.
Perhatikan bentuk benda yang ini.
Berbentuk apakah benda ini ?
2.
Bagaimana dengan yang ini ?
3.
Apakah benda ini berbentuk lingkaran?
Mengapa benda ini tidak berbentuk lingkaran ?
4.
Apakah benda ini berbentuk segiempat?
Mengapa benda ini tidak berbentuk segiempat?
5.
Apakah benda ini berbentuk segitiga?
Mengapa benda ini tidak berbentuk segitiga?
0 komentar:
Posting Komentar